Giga Factory 1, Pabrik Baterai Tesla 65 Trilyun !

Elon Musk baru ini meresmikan Giga Factory 1, dari namanya sepertinya sudah sangat besar sekali ya, Giga. tetapi Giga Factory ini adalah salah satu dari kesatuan pabrik terbesar di dunia untuk pembuatan Baterai, yang akan membantu impiannya dalam penggantian dari mobil berbahan bakar minyak bumi yang penuh dengan polusi ke mobil bertenaga listrik.

gigafactory-size-teslamondo

Dengan luas tanah sekitar 3.000.000 Meter persegi akan di harapkan dapat melakukan pabrikasi baterai sekitar 1 Giga Watt Hour / Tahun nya (GWh/Y), yang bila di kalkulasi, pertahunnya Tesla motor dengan total dari  Giga Factory 1, 2, dst  ini dapat melakukan pembuatan mobil listrik sebanyak 1.500.000 mobil. dan GWh itu adalah 1 juta kali dari kWh.

Saat peresmian Giga Factory 1 ini, elon musk mengatakan bahwa luas pabrik ini ini hanya 3/16 dari rencana yang akan berjalan di tahun 2020 mendatang. Dengan masuknya Panasonic sebagai investor GigaFactory 1 ini, besar juga kemungkinan akan di bangun Giga Factory 2 di Jepang, Kenapa ? karena Bahan-bahan Tesla Motor banyak sekali menggunakan produk dari jepang, Ke-2 setelah Amerika Utara.

Secara perbandingan, Giga Factory saat di tahun 2020 (Berjalan Full) akan mem-produksi lebih banyak GWh dibandingkan dengan produksi baterai li-ion diseluruh dunia di tahun 2013. Dengan pabrik sebesar itu, juga akan menghemat biaya pembuatan baterai, pengolahan limbah, dan peng-inovasian pembuatan baterai li-ion dalam 1 atap saja.

 

Mohon Bantu Share jika Informasi di atas Bermanfaat,
Salam hangat,
Fadhli Rais.

Kesukaannya pada dunia IT dan teknologi ingin selalu mengembangkan untuk kemajuan bangsa.