Petir menyerang data center Google, Data hilang

Setelah tersambar petir sebanyak 4 kali, google data center belgia banyak kehilangan data, dikarenakan ketidak stabilan supply listrik yang masuk ke hardware, dan alhasil banyak harddisk yang rusak.

googledatacenter

Memang sekelas data center diharuskan adanya penangkal petir karena krusial nya data yang ada, tetapi pihak google menjelaskan petir bukan menyerang data center google yang di belgia tersebut, melainkan jaringan listrik.

Sangat di sayangkan sekali 4 kali sambaran petir di tempat yang sama, yaitu jaringan listrik sampai merusak alat-alat elektronik yang ada di datacenter google. dan perlu di sadari memang, meski kemungkinan 0.0001% kemungkinan ini terjadi, tetapi tetap ada kesempatan untuk tetap terjadi, dan kemungkinan yang hampir mustahil ini telah merusak data penting yang ada di google belgia.

Dengan teknologi mutakhir setelah beberapa saat, system backup google telah berhasil untuk mengganti data-data yang rusak. Kadang mungkin ada yang bertanya, kok bisa ruangan yang sangat terjaga sekelas google data center hanya karena “power grid” nya terkena serangan petir bisa merusak sebagian besar data mereka ? ya, di data center itu semua terkoneksi satu sama lain, ketika 4 kali serangan petir sudah sangat di wajarkan hardware yang ada di sana terkena dampaknya.

 

Semoga bacaan ini bermanfaat, Sumber BBC UK : http://goo.gl/vFQuCW

Salam hangat, Fadhli rais.