ISRO | India Sudah pergi keluar angkasa sendiri

ISRO (India Space Research Organization) atau yang bisa dibilang sebagai organisasi resmi pemerintah India untuk melakukan penelitian di luar angkasa, Dan ternyata ISRO ini sudah berdiri dari 1969 lho, wow sudah lama juga ya ? tapi apa teman-teman pernah mendengar nama ISRO sampai sekarang ? saya rasa belum.

Sedikit sejarah, pada tahun 1969 ISRO membuat satelit pertamanya AryaBhata, tetapi memang untuk peluncurannya bukan pemerintah india sendiri, melainkan UniSoviet. Nah baru Satelit yang dinamakan Rohini berhasil di orbitkan di garis-orbit-rendah bumi (400KM) oleh ISRO ini sendiri pada tahun 1979.

Wikipedia mengatakan bahwa ISRO juga membuat 2 jenis roket pada saat itu, Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) dan Geosynchronous Satellite Launch Vehicle (GSLV). PSLV itu adalah untuk satelit-satelit yang akan memutari bumi dari kutub selatan hingga utara (Polar Orbit), sebaliknya GSLV adalah untuk satelit-satelit yang memutari bumi dari timur-barat (Geostasionary Orbit).

isro-pslv

Percaya atau tidak, pada tahun 2014 kemarin sebuah satelit yang di bernama Mangalyan, Satelit buatan india itu sudah sampai dan mengorbit di MARS lho, dan bahkan yang bikin wow lagi, Mangalyan ini hanya membutuhkan keseluruhan pembuatan roket dan satelitnya 74 Juta USD saja. ini adalah record dunia terbaik yang pernah di ciptakan manusia saat ini, dimana NASA dengan program MARS nya membutuhkan dana 10x untuk penerbangan ke MARS.

Penulis sangat kagum akan kemauan pemerintah india ini, ya bisa di bilang india bukan negara yang terlalu maju dari segi ekonomi sehingga bisa memulai karirnya di dunia antariksa, baik dari kelaparan, kemiskinan, kegiatan kriminal, dan masih banyak lagi, bahkan sepengetahuan penulis india masih dalam tahap negara yang berkembang, mirip bukan seperti indonesia ?

Tetapi India dengan statusnya yang masih negara berkembang mempunyai tekad untuk ilmu pengetahuan yang akan semakin berkembang terus-menerus. Ada baiknya indonesia sebagai negara tercinta kita juga harus mengikuti era yang sedang tumbuh dengan teknologi-teknologi terbaru, penelitian harus di galakkan, ilmuan-ilmuan harus di pekerjakan dan diberikan dana untuk hasil penelitian yang akan membanggakan indonesia.