Robot Buddy

Blue Frog Robotics sedang membuat robot Buddy yang dirancang untuk menjadi pendamping keluarga yang terjangkau, ini dapat membantu dengan komunikasi, keamanan rumah, pendidikan dan hiburan bahkan perawatan.

Buddy dipasang pada tiga roda bermesin yang memungkinkan dia untuk bergerak dan berbalik secara mandiri, Dia bisa bergerak hingga kecepatan 70 cm / detik (28 inci / detik) dan bahkan dapat bernegosiasi kenaikan dan penurunan ketinggian tanah hingga 1,5 cm (0,6 inci), seperti langkah – langkah yang rendah pada transisis antara karpet dan mengikuti kabel.

Robot ini 22 inci (56 cm) dan beratnya 5 kg (11 lb). Robot dikendalikan oleh 8 inci tablet yang juga bertindak sebagai wajahnya dan antarmuka, memiliki 16 GB penyimpanan data lokal dan daya tahan baterai 8 – 10 jam serta terpasang tetap WiFi dan koneksi Bluetooth energi rendah.

Berbagai macam sensor membantu untuk memberikan beragam fungsi yang disediakan. Termasuk, kamera, USG, infra merah dan sensor panas, sensor pengukur jarak, sensor suhu dan pendeteksi tanah. Informasi lainnya input dan output memasukan mikrofon, output audio dan speaker.

Sensor digabungkan dengan gerakan Buddy, berarti bahwa ia dapat belajar mengenai berinteraksi dengan dunia di sekelilingnya. Dia mampu memetakan rumah pengguna dalam waktu nyata dan menghindari bentrokan dan hambatan secara mandiri.

Buddy juga dapat mendeteksi, mengenali dan melacak objek dan wajah, serta mendengar, berbicara, melihat dan melakukan bersamaan gerakan kepala. Dia bisa mengenali pidato dan berbicara teks, dengan bahasa Perancis dan Inggris menjadi dua bahasa yang  sudah dimuat dan dukungan download bahasa tersedia untuk Jepang, China, Mandarin, Korea, Italia, Jerman, Portugis, Spanyol dan Rusia.

Robot Buddy juga bisa melakukan panggilan telpon atau video untuk pengguna, pelacakan wajah dengan kepala dan mengikuti orang di sekitar yang diperlukan, dia juga bisa bertindak sebagai kalender, jam alarm dan pengingat sistem.

Ketika pengguna berada jauh dari rumah, Buddy dapat berpatroli di sekitar rumah dan mendeteksi kebakaran, banjir, pencuri atau kegiatan yang tidak biasa lainnya. Pengguna dapat login ke Buddy dan mengontrol dari jarak jauh melalui iOS, Andriod, atau Windows aplikasi, melihat rumah mereka melalui “mata.” Buddy juga dapat memantau alat dan penggunaan energy.

Sebuah kampanye crowfunding Indiegogo sedang berlangsung untuk Buddy. Pada saat laporan ini ditulis, Robot Buddy seharga US $ 549, dengan pengiriman mulai dari Mei 2016 jika semua berjalan sesuai perencanaan. Secara penuh akan di rilis ke publik pada November 2016.

 

Sumber: http://www.gizmag.com/buddy-family-companion-robot/38360/