ARA. Smartphone modular yang dikembangkan oleh Google

Teknologi perusahaan terbesar Google di AS telah menunjukkan sebua prototype terkini bernama Ara Project, sebuah smartphone modular dan mengumumkan akan mulai pengiriman versi “Developer” untuk tahap uji coba.

Pengumuman ini disampaikan oleh Google pada “Google I/O 2016 annual developer conference”, di mana ia juga mengatakan akan siap menuju fase produksi masal  Ara yang dijual pada tahun 2017 tahun depan.

Telepon modular ini dirancang untuk memiliki umur lebih panjang dari produk-produk smartphone lainnya, karena perangkat kerasnya dapat dengan mudah di ganti dan diupgrade. Google juga mengundang para antusias ponsel jangkrik untuk melakukan design untuk berkontribusi pada modul Hardware untuk Smartphone baru ini, mereka akan menggunakan edisi “Developer” yang akan mulai dikirimkan Musim gugur 2016 ini.

Ara 2

Google juga menyediakan Website untuk memberikan info fungsi-fungsi yang tidak kalah “keren”,Mulai dari rekaman musik, pelacakan video , atau mengambil foto.

Video dibawah ini menunjukkan bagaimana Kotak modular Ara ini dapat dengan mudah dijepitkan dari komponen-komponen telepon yang memiliki ruang untuk enam modul dan dapat ditukar-tukar, seperti mengganti lensa kamera yang baru.

Ara

Modul-modul ini diadakan dengan pengait konektor yang telah dirancang untuk tetap cocok dengan generasi masa depan (upgrade) untuk ponsel ini. Modul ini didukung oleh perangkat lunak yang terbaru bernama Greybus yang menjanjikan “Sirkuit kelistrikan yang baik, efisiensi daya dan kecepatan data transfer hingga 11.9Gbps”.

Ara-pun tidak dapat di-upgrade kesemua modulnya, Modul inti (Core) untuk CPU, GPU, Antena, Sensor, Baterai dan Layar termasuk dalam modul core Immovable ini. nah nantinya Developer-Developer tersebut-lah yang akan menentukan spesifikasi modul intinya nanti.

“Kami sedang mencari para pembuat modul untuk menciptakan teknologi yang belum pernah dilihat pada smartphone,” kata Google. Mereka ujuga menambahkan untuk terbuka untuk umum untuk terus menghubungkan generasi berikutnya dari Ide Gile ARA mereka, So Developer yang jatuh cinta sama ARA ini ga usah takut, kalian bisa ikut berpartisipasi kok.

FYI, Proyek ARA sebenernya mulai berkembang dari konsep awalnya Dave Hakkens, Beliau ingin menciptakan Smartphone yang mirip dengan komputer (Bisa di ganti-ganti fungsinya)

 

Sumber: http://www.dezeen.com/2016/05/26/google-project-ara-modular-smartphone-shipping-developers-consumers-product-design-technology-news/