Virtual Reality (VR) PlayStation

Pada ajang Game Developers Confrence 2016, Sony mengumumkan kehadiran PlayStation VR seharga US $399. Ini lebih murah jika dibandingkan dengan Oculus Rift yang dijual US $599 dan HTC Vive US $ 799.

Playstation virtual reality (VR) ini akan datang dengan sebuah layar OLED berdiamensi 5,7 inci yang mampu menampilkan game hingga 120 frame per detik. Layar ini juga memiliki resolusi 1.920 x RGB 1.080 x, berarti bahwa layar tersebut mampu menciptakan warna RGB pada setiap piksel yang di tampilkan.

Untuk mendeteksi gerakan kepala hingga 360 derajat, perangkat ini dilengkapi dengan 9 buah lampu LED agar tidak terlalu pusing saat digunakan, Sony mengklaim bahwa latency Playstation virtual reality (VR) tak sampai 18 mili detik.

Pada paket penjualannya, Playstation virtual reality (VR) tak hadir bersamaan dengan Playstation Move dan Playstation Camera. Padahal, kedua perangkat ini dibutuhkan saat menggunakan Playstation VR.

Banyaknya pengguna PS4 yang sudah memilikinya menjadi untuk tidak menyertakan kedua perangkat tersebut. Meski begitu, kedepannya Sony berencana untuk menjual Playstation VR yang dibundel dengan Playstation Move dan Playstation Camera.

Di saat yang bersamaan, Sony juga mengungkapkan bahwa teknologi Virtual Reality (VR) ini kedepannya tak lagi sebatas demo, melainkan akan hadir pada sejumlah judul game.

“VR merupakan evolusi yang alamiah dari pengalaman pengguna, di Playstation kami berusaha untuk memberikannya kepada para gamer,” kata Andrew House, President dan Group CEO of Sony Computer Entertainment (SCEI).

 

Sony memprediksi setidaknya ada 50 judul game VR yang akan hadir bersamaan dengan dirilisnya Playstation VR pada Oktober 2016 mendatang.

 

Sumber: http://www.gizmag.com/playstation-vr-review-hands-on-gdc/42321/