5G Network siap di coba di amerika

5G

 

5G , ya benar benar Generasi ke 5 (5G) . saat indonesia masih bergelut dengan 4G nya yang sedang sering di iklankan di TV tanah air. Lebih cepat dari dugaan Industri Wireless dunia yang menargetkan bahwa 5G akan tenggang langgang pada tahun 2020 Provider terbesar amerika “Verizon” Akan melakukan uji coba 5G yang di targetkan sudah bisa di pakai pada tahun 2017.

“5G tidak akan lagi menjadi mimpi” kutip dari Roger Gurnani, Kepala Informasi dan Arsitek teknologi Verizon, tambahnya lagi “Kita mendapat dorongan yang kuat dan besar untuk menopang 5G untuk memberikan inovasi dan teknologi terbaru”. Verizon juga membeberkan bahwa 5G mempunyai kekuatan pengaliran data sampai 50 kali dari Generasi sebelumnya, yaitu 4G.

Dengan kecepatan yang sebegitu cepatnya, anda bisa melakukan banyak hal, dari Streaming dengan kualitas HD, Mendownload film dengan kualitas 3D hanya 6 Detik (4G mendownload hal yang sama dengan waktu 6 Menit).

Verizon Mengatakan bahwa Pengetesan awal akan di lakukan di Boston dan Sanfrancisco, di dalam lab tentunya dimana para developer dapat melakukan pengetesan secara rinci dan teliti, dan verizon melakukan ini secara agresif.

Banyak alasan memang mengapa Verizon sangat senang jika 5G dapat di realisasikan pada tahun 2017 ini, Dari pihak nokia yang memulai melakukan research tahun lalu dan mengatakan 5G masih belum siap, dan pihak samsung yang melakukan hal yang sama.

Teknologi 5G ini memang membutuhkan beberapa syarat yang unik, dari tingginya frequensi yang di pakai, sehingga mempersempit ruang gerak sinyal, dan membuat provider harus membangun lebih banyak lagi pemancar, yang di rasa akan menambah modal yang harus di keluarkan, banyak juga yang mengatakan 5G adalah pelengkap network, bukan pengganti 4G.

Untuk menunjang tahap uji coba 5G ini, verizon telah menggandeng beberapa rekannya yang sudah mahir di bidang network, seperti : Alcatel-Lucen, Cisco, Nokia, Ericcson, Qualcomm, dan Samsung.

 

Semoga informasi ini bermanfaat,

Salam hangat, Fadhli rais.

Sumber : http://goo.gl/NrL8B7 dengan translasi dan edit.