Fiona O’Leary Spector

Untuk proyek kelulusannya di Royal College of Art, Fiona O’Leary memiliki ide yang lebih baik untuk mengembangkan bentuk dasar alat yang di sebut Spector yang dapat mengidentifikasi font yang digunakan dalam buku atau majalah.

Alat Spector ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan nama font yang digunakan pada setiap bagian yang dipilih dari bahan cetak, serta jenis ukuran dan jarak.

O’Leary menciptakan alat untuk membantu desainer grafis yang berbasis cetak yang bekerja pada komputer, Perangkat genggam ini bekerja sebagai plug-in InDesign dan dilengkapi dengan kamera kecil di bawah yang dapat mengambil gambar font sekali tombol ‘start’ ditekan. Spector juga dapat menyimpan sampai 20 huruf sample, sehingga Anda dapat mentransfernya ke komputer Anda nanti.

Spector lahir dari frustasi pribadi. “Ketika Anda merancang untuk cetak di layar, tidak pernah terlihat seperti bagaimana itu akan mencetak,” kata O’Leary, yang memiliki latar belakang dalam desain grafis. Sulit untuk mendapatkan rasa skala, penataan letak bisa menipu, dan nilai warna tidak selalu menerjemahkan dari layar ke halaman. “ Jika Anda akan merancang untuk cetak di layar Anda harus mulai dengan cetak, “katanya.

Spector juga dapat mengenali jarak atara karakter, yang dikenal dalam desain grafis sebagai Kerning dan jumlah ruang kosong antara baris teks dikenal sebagai Leading, hal ini juga dapat mendeteksi warna RGB dan CMYK untuk membantu nilai desainer menciptakan corak warna tertentu.

Spector saat ini hanya mampu mendeteksi huruf Apercu, Bureau Grot, Canela, Dala Moa, Founders Grotesk, Eames dan GT Walsheim. Dan O’Leary bekerja untuk menggabungkan dengan database font yang lebih besar. Alat ini juga dapat menerjemahkan jenis ukuran (hingga 48 titik), Kerning dan Leading, dengan menganalisis spasi antara garis dan huruf.

O’Leary berharap untuk mendapatkan proyek urunan dalam dua tahun ke depan, Spector yang di pamerkan di ShowRCA 2016, yang diadakan di Royal College of Art’s Kensington campus pada tanggal  26 Juni – 3 Juli 2016 kemarin.

 

Sumber: http://www.dezeen.com/2016/07/14/spector-tool-fiona-oleary-pocket-size-font-detector-graduate-show-2016-royal-college-of-art/