Headset Virtual Reality (VR) yang menyampaikan ekspresi wajah ke dunia maya

Perangkat keras Virtual Reality (VR) sudah mampu melacak kepala Anda, tangan, mata, kaki, dan dalam sejumlah kasus, tetapi Veeso mengkalim headset Virtual Reality (VR) pertama untuk menangkap wajah Anda dan mengirimkan ekspresi Anda dan emosi Anda ke sebuah avatar virtual dalam waktu nyata. Dengan itu, perusahaan tersebut menekankan hubungan emosional melalui aplikasi chatting dan game sosial seperti poker.

Layaknya seperti Samsung Gear VR dan Google Cardboard, tetapi Veeso adalah headset Virtual Reality (VR) berbasis smartphone, perusahaan yang mengkalim kompatibel dengan perangkat Android dan iOS. Tidak seperti headset tersebut sebelumnya, namun, Veeso memiliki dua kamera inframerah yang dipasang di atasnya untuk menangkap ekspresi wajah pemakainya.

Salah satu kamera ini terletak di antara mata untuk menangkap gerakan biji mata, alis, dan cara membuka atau menutup kelopak mata, sedangkan yang kedua menggantung di bagian bawah unit untuk mengambil rahang,bibir, dan mulut bersama – sama. Dari pada yang kita lihat di video, mereka tampaknya melakukan pekerjaan yang cukup padat meliputi seluruh wajah dan meniru ekspresi wajah pada avatar digital dalam waktu nyata.

Dalam kebanyakan game Virtual Reality (VR) saat ini, Anda biasanya tidak melihat wajah karakter Anda, dan jika Anda melakukannya, setelah mereka menyalin ekspresi Anda mungkin tidak akan menambah banyak pengalaman. Tetapi jika kita akan menghabiskan waktu berinteraksi dengan orang – orang lain di dunia maya, baik itu game multiplayer atau aplikasi sosial yang mana banyak dari mereka yang terlibat dengan teknologi Virtual Reality (VR). Kemudian mampu melihat ekspresi wajah orang – orang di dunia nyata secara real time .

Potensi aplikasi yang disarankan oleh perusahaan sejauh ini termasuk jenis VR ke video call, dimana orang – orang duduk bersamaan di kamar maya dan mengobrol melalui mulut kartun katak dan tupai, dan lebih banyak game sosial tradisional seperti poker dan tebak kata. Pihak Veeso mengatakan akan berencana untuk merilis 10 aplikasi dan game untuk platform dalam enam bulan pertama.

Sama menariknya dengan suara teknologi, peril diingat bahwa yang terbaik Veeso dapat melakukan konten bijak yang sudah ada pada konten Google cartoon di smartphone.

Dalam rangka untuk memulai tahap 2 dari pengembangan produk Veeso, Veeso sedang mencari dana di Kickstarter. Sebuah janji awal seharga $ 70 USD sampai $ 80 USD. Jika semua berjalan sesuai dengan rencana, perusahaan mengatakan perangkat akan di kirimkan pada bulan Desember.

 

Sumber: http://www.gizmag.com/veeso-face-tracking-vr-headset/44512/