Kursi roda serba guna (iBot)

Guys tau nga sih..

Sekarang ini grup Toyota yang bekerja sama dengan DEKA Research and Development sedang membuat perjanjian kerja sama untuk mendevelop iBot, kursi roda yang bisa di gunakan untuk naik tangga juga.

Kedua perusahaan telah menemukan titik temu kerja sama mereka berupa memberi solusi mobilitas untuk komunitas cacat / lumpuh, pada acara tahunan veteran USA yang lumpuh.

Salah satu inisiatif pertama di bawah perjanjian adalah untuk menghidupkan kembali iBot, dimana yang dapat di gunakan untuk menyeimbangkan teknologi dan di buat seperti SegWays serta memungkinkan untuk dapat menaiki anak tangga.

Kursi roda bermesin ini memiliki 2 set roda yang dapat di putar agar bisa mengatasi anak tangga. Dan juga dapat di operasikan dari posisi duduk menjadi posisi berdiri yang ± setinggi 6feet dan tetap otomatis. Yang berarti memudahkan untuk berkomunikasi serta berjalan berasama teman.

Toyota akan meberikan DEKA lisensi untuk menyeimbangkan teknologi yang di gunakan dalam pengobatan rehabilitas terapi dan juga untuk hal yang lainnya.

Rencana pembuatan iBot ini sebenarnya berawal dari tahun 2001, tetapi DEKA yang didirikan oleh penemu Segway Dean Kamen. Dan partner Johnson & Johnson tidak dapat memberikan harga untuk kursi roda ini kurang dari US$25,000. Sehingga mereka berhenti di tahun 2009.

“Saat Johnson & Johnson sedang memproduksi kursi roda ini, mereka juga mendevelop teknologi yang sangat baik untuk kedepannya nanti, sehingga banyak hal yang alat yang mereka gunakan sangat mahal,”  yang di katakana oleh Hermano Krebs, kepala peneliti ilmu dan MIT’s Newman Laboratory for Biomechanics and Human Rehabilitation.

Karena J&J tidak dapat mengurangi biaya produksi untuk iBot ini sehingga mereka memberikan pernyataan untuk menghentikan memproduksi produk iBot ini kepada TechNewsWorld.

Teknologi seperti Accelerometers, Gyroscopes, dan masih banyak hal lainnya telah berevolusi dalam 15 tahun terakhir dan dapat mencapai pengurangan signifikan serta biaya” kata Krebs, itulah sebabnya Toyota tertarik untuk mengulang konsep ini (iBot).

Kursi roda ini dapat memberikan dampak yang sangat baik terhadap kehidupan seseorang yang memiliki kesempatan di salah satu model produksi asli iBot ini.

Ini merupakan pengalaman yang sangat menarik, kamu dapat bayangkan bagaimana rasanya tubuh yang terikat di kursi roda bermesin tradisional dan memiliki kemampuan untuk menaiki anak tangga serta pergi ke daerah ataupun jalan yang sulit mereka lalui sebelumnya.

Ini juga memperluas ruang gerak serta membuat mereka lebih bebas bergaya. iBot merupakan generasi baru dari kursi roda yang bertujuan untuk meberikan gaya serta dorongan semangat / Moril untuk pengguna kursi roda, iBot ini berbentuk seperti “Whill Model M” yang membuat kursi roda tersebut memiliki gaya futuristik dengan 4 buah roda, serta akan di perkenalkan awal tahun kedepan.

Saya percaya setiap orang pasti mempunyai gaya hidup yang berbeda – beda, karena itu kami (DEKA and TOYOTA) mencoba untuk menanamkan pemikiran mereka untuk tetap hidup seperti apa adanya, khususnya jika mereka ingin memulai hidup dengan gaya hidup yang aktif dan bebas.

Inilah mengapa kursi roda kami memiliki 4 buah roda yang bergerak, dan juga membuat semua orang tidak berfikir 2 kali jika mereka ingin menggunakan kursi roda ini melalui rumput dan bebatuan kerikil. Serta kursi roda yang di buat ini dapat melalui trotoar dengan tinggi 3 – inch yang di mana kursi roda lainnya hanya dapat 1 inch ataupun 2 inch saja.

Masyarakat yang aktif selalu dapat berjalan ke tempat – tempat yang berbeda sehingga kami (DEKA dan TOYOTA) mempertimbangkan segala jenis lingkungan yang berbeda.

 

Sumber http://www.technewsworld.com/story/83542.html