Singapura akan Non-aktifkan internet saat jam kerja PNS

Singapura, ini adalah hari-hari terakhir bisa mengakses google dalam kantor. Mey 2016 besok, PNS Singapura (Bidang pelayanan umum) tidak akan mendapatkan jaringan internet saat bekerja.

Singapura, yang terkenal dengan negara yang disiplin, akan memutuskan jaringan internet kepada para pekerja yang ada di instansi pemerintah, dan pemutusan ini akan berdampak kurang lebih pada 100.000 komputer.

Menurut Pernyataan dari IDA (Infocomm Development Authority),Memo mengenai hal ini sudah di kirimkan ke seluruh instansi pemerintah, dan memo ini sebagai upgrade dari peraturan yang sudah ada, sekaligus untuk
menambah keamanan data.

Kita telah memulai penonaktifan Internet di beberapa instansi pemerintah, dan secara bertahap akan merambah ke instansi yang lain dalam masa 1 tahun ini. tetapi tetap saja para pekerja tetap menikmati konektivitas dari Smartphone mereka.

Menurut penulis, aturan pemerintah singapura tersebut bagus dan layak untuk kita tiru, karena banyak sekali penyalah gunaan internet yang terjadi, terutama di jam-jam kita bekerja, dan ini adalah bentuk pemerintah dalam memersatukan pemikiran guna menciptakan kinerja pemerintah yang lebih baik lagi. Penulis berharap kenaikan kinerja pemerintah singapura akan berdampak positif, menimbang negeri dengan multi-kultur tersebut masyarakatnya disiplin.

Haruskah indonesia dibuat demikian ? baik perusahaan swasta ataupun PNS ? Mungkin tidak sepenuhnya akses internet di matikan, tetapi akses ke social media, apps, dan video streaming dapat di blokir guna meninggikan kinerja perusahaan pemerinta maupun swasta.

Internet sendiri pada dasarnya jika di gunakan sesuai dengan kebutuhan akan sangat berguna dalam pencarian informasi, mengiriman informasi, dan pertukaran data baik internal maupun eksternal perusahaan. dengan perkembangan teknlogi yang terbilang super cepat, pertukaran data saat ini pada router ter-handal dapat melakukan routing hingga 400gbps per-port nya.

 

Semoga informasi ini bermanfaat,
dan jangan lupa share ya 🙂

Salam hangat,
Fadhli Rais.