SpaceX CRS-9 sukses mengirimkan Supply ke ISS

Spacex CRS-9 telah sukses mengorbit bumi, CRS sendiri adalah kepanjangan dari Commercial Resupply Service, yang memang SpaceX telah menandatangani project untuk pengiriman supply (bahan-bahan) oleh NASA.
Meluncur pada tanggal 18 Juli 2016 sekitar jam 12 Siang, seluruh perencanaan step by step yang telah di rencanakan oleh SpaceX berjalan dengan mulus hingga ke pendaratan eksperimental Mesin utama Falcon9.

ISS Sendiri diciptakan oleh beberapa negara, yang pastinya berasal dari pemahaman dan science yang berbeda, begitu pula dengan docking systemnya harus di generalisasi agar dapat di mengerti oleh semua negara, system docking ini di sebut sebagai IDA (International Docking Adapter), dan Dragon (Roket SpaceX CRS-9 yang akan docking di ISS) harus memiliki perangkat IDA ini agar dapat melakukan Docking.

Pada penerbangan kali ini Roket terbagi menjadi 3 kategori besar

  1. Main Engine Falcon9 yang berisi mesin pendorong dari bumi sampai ke titik luar atmosfer, dan Mesin utama ini sangat membutuhkan banyak Bensin / Fuel
  2. Second Engine Vacuum Falcon9, Mesin ini berbeda dengan Main engine, di karenakan sudah tidak adanya Oksigen sebagai bahan bakar utama, lain halnya di bumi kita, Oksigen sebagai atom untuk melakukan pembakaran ada disekitar kita, tetapi tidak lagi ada di luar atmosfer bumi ini.
  3. Dragon Capsule & Trunk, Disini berisi barang-barang yang akan dikirimkan ke ISS.

 

Barang yang dikirimkan pun terbagi menjadi 2, barang yang bersifat sensitif (Membutuhkan Tekanan, udara, dan jenis beban yang khas dengan bumi) dan barang yang tidak sensitif. SpaceX saat ini hanya mengirimkan supply (barang-barang) yang di perlukan oleh ISS, tetapi belum untuk pengiriman awak “crew” nya. dan SpaceX kedepan berencana untuk mulai mengirimkan Manusia / Awak untuk melakukan docking di ISS maupun melakukan pendaratan di Bumi dan mars.

Draco, adalah sebutan Pesawat untuk pengiriman awak ke angkasa luar dan pendaratan, saat ini SpaceX masih dalam tahap uji coba dan pengetesan kesalamatan dalam rangka pengiriman manusia ke planet tetangga kita, Mars.

 

Mau lihat Hostedcast penerbangan CRS-9 ini ? yuk tonton video nya.

 

 

Semoga informasi di atas bermanfaat, dan dapat menambah wawasan kita hingga dapat memajukan bangsa indonesia tercinta.
dan bantu Share ya di Social media kalian.

 

Salam hangat,
Fadhli disini undur diri.