Tipic telah menciptakan meja dapur cerdas

Studio desain Italia Tipic telah menciptakan meja dapur cerdas yang menggabungkan berbagai fungsi yang menarik termasuk wastafel yang muncul dari permukaan dengan sikap sederhana.

Diresmikan pada minggu lalu di Eurocucina tahunan acara perabotan dapur di Salone del Mobile di Milan, Tipic Tuler Offmat dapur memiliki alat penghitung yang terbuat dari gabungan teknologi yang dibangun ke dalam batu.

Dipahami sebagai bangku kerja seperti laboratorium, alat ini berbentuk rata juga tidak digunakan, bila digunakan permukaan akan berbentuk westafel.

Sebuah sensor gerak tertanam di bawah permukaan batu, dan bila diakftifkan hanya melambaikan tangan di atasnya. Hal ini memicu dasar untuk menurunkan melalui mekanisme penghisap dan menekan untuk mengaktifkan secara otomatis. Gerakan selanjutnya bisa digunakan untuk mengontrol suhu dan aliran air.

“ Kami berfikir tentang baskom yang bisa menjadi datar, bahwa dapat bekerja kepada Anda, dan kemudian dengan sensor di dalam marmer atau  kuarsa, dengan sikap sederhana dari tangan Anda bagian atas akan terbuka seperti sihir dan akan berubah menjadi wastafel,” CEO Tipic Tommaso Cora mengatakan.

Meja dapur juga tertanam bahan – bahan  sensor. Hal ini terlihat sebagai daerah permukaan batu dengan lingkaran cahaya di sekitarnya, lampu akan berubah biru dan kemudian merah secara bertahap untuk menunjukan berat hingga dua kilogram.

Para desainer berharap akan menghubungkan perangkat ini ke aplikasi resep, untuk meniru pengukuran bahan. Sebuah lingkaran kecil ini akan menunjukan pengisian nirkabel ke ponsel atau tablet.

Kabel dan sistem komputer masing – masing memiliki sensor untuk menghasilkan respon yang tersembunyi di dalam counter, yang didukung pada logam tipis penyangga gaya kaki, dan ruang bawah wastafel juga menyediakan pembuangan air.

Bagian lain dari dapur juga memiliki unsur – unsur kecil yang di gabungkan ke dalam teknologi, seperti robot yang bisa menutup dan membuka peralatan laci, tapi desainer hanya berfokus kepada meja saja.

Tipic didirikan tahun ini oleh desainer Italia Tommaso Cora dan Paolo Festa. Cora sebelumnya direktur riset di Cibic Workshop sebuah studio desain Italia yang dijalankan oleh Aldo Cibic, dan Festa juga bekerja di Italia dapur merk Arclinea dan desainer Antonio Citterio.

Dua bentuk dasar kerja Tuler dipajang di Eurocucina pada tanggal 12-17 April, dan akan dipasarkan akhir 2016.

 

 

Sumber : http://www.dezeen.com/2016/04/20/video-tipic-smart-tuler-kitchen-offmat-milan-design-week-2016-disappearing-sink-movie/